Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Boros Baterai

Masalah yang sering terjadi ketika kita menggunakan ponsel salah satunya yaitu cepat panas dan baterai cepat habis. Jika masalah tersebut tiba-tiba terjadi tentu sangat membuat kita kesal apalagi kalau lagi ngerjakan tugas kerjaan atau kuliah. Faktor penyebabnya banyak sekali, Hp yang cepat panas dan boros baterai biasanya terjadi karena spesifikasi hp tersebut tidak memadai sehingga kinerjanya terbatas. Selain itu masalah lainnya perihal penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas serta boros baterai kami rangkum sebagai berikut.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Boros Baterai




Spesifikasi Hp

Spesifikasi hp disetiap produk dan seri yang dikeluarkan memiliki pembekalan berbeda beda. Kenali dulu spek hp anda apakah masih kuat untuk menjalankan aplikasi dengan kualitas berat dan selalu update. Jika memang ponsel anda spesifikasinya tidak memadai maka jangan paksakan untuk menggunakan aplikasi yang berat, bila dipaksakan hp anda akan mudah sekali panas dan lemot.
Jika baterai hp anda cepat habis biasanya karena pengguaan dan kualitas baterai. Pada merk ponsel tertentu kualitas baterainya tidak bagus, padahal kapasitasnya tinggi tetapi setelah dipakai ternyata baterai sangat boros. Sekedar saran saja bahwa sebelum membeli hp baru anda harusnya memikirkan soal spesifikasi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

Banyak Aplikasi Berjalan

Sekarang memang banyak aplikasi penting untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari. Namun banyaknya aplikasi di ponsel kita tentu akan mempengaruhi performa hp. Kadang kalian tidak sadar bahwa aplikasi tersebut tetap berjalan meskipun tidak dibuka. Nah dengan banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan memberatkan hp karena RAM bekerja dua kali lipat.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu anda butuhkan apalagi jika ukurannya sangat besar. Jika memang tidak ingin menghapus aplikasi tersebut maka kamu harus menonaktifkan aplikasi berjalan otomatis sehingga handphone tidak cepat panas dan baterai tidak boros lagi. Salah satu aplikasi yang mempengaruhi hp cepat panas yaitu aktifnya fitur GPS, jadi kalau tidak terlalu penting sebaiknya dimatikan.

Jaringan Provider

Banyak orang tidak sadar bahwa jaringan handphone yang tidak stabil bisa menjadi penyebab hp mudah panas dan baterai boros. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengganti provider atau kartu perdana yang memiliki jaringan stabil di daerah anda. Atau bisa juga aktifkan mode pesawat untuk mengatasi masalah tersebut dan menggunakan jaringan WIFI.

Penyimpanan Memori

Memori internal hp jika sudah terisi file yang banyak dan kapasitasnya hampir penuh tentu bisa menjadi penyebab ponsel mudah panas. Jika demikian maka kita perlu mengondisikan masalah tersebut, caranya yaitu backup semua data pada yang ada di hp anda lalu menghapus data tersebut. Jika anda tidak memiliki komputer untuk backup data maka gunakanlah Google Drive untuk menyimpan data secara online.

Update Aplikasi dan Software

Aplikasi memang menjadi faktor yang paling sering dalam menyebabkan hp cepat panas. Bug yang ada pada apl tersebut tentunya memberatkan kinerja ponsel apalagi belum diupdate. Untuk mengatasi masalah ini anda harus memperbarui aplikasi dan software ke versi terbaru. Selain aplikasi, anda harus update sistem operasi agar Bug yang ada bisa segera diperbaiki.

Terlalu Lama Menggunakan Hp

Penyebab hp mudah panas tentu soal pemakaian, jika anda secara terus menerus menggunakan hp tersebut maka perlu istirahat sejenak agar ponsel tidak bekerja dengan berat. Salah satu contoh pemakaian yang bisa menyebabkan hp panas yaitu bermain game online, aplikasi live streaming dan nonton youtube.

LihatTutupKomentar