Cara Mengatasi Hp Android Lemot Atau Lag

Salah satu masalah yang paling sering kita temukan saat menggunakan ponsel yang itu masalah lemot atau lag. Faktor penyebabnya sangat banyak sekali mulai dari pemakaian aplikasi, spesifikasi hp, adanya virus dan semacamnya. Jika anda tidak terlalu paham dengan masalah tersebut maka simaklah pada ulasan kali ini tentang bagaimana cara mengatasi Hp lemot atau lag dan apa saja penyebabnya.



Memory atau Penyimpanan

Masalah hp lemot biasanya diakibatkan oleh kapasitas memory yang sudah hampir penuh sehingga kinerja ponsel menjadi sangat berat. Untuk mengatasi masalah ini silahkan anda backup terlebih dahulu mulai dari foto, video, music dan dokumen lainnya ke komputer. Setelah semua data selesai dibackup maka hapuslah data-data tersebut di handphone kamu. Jika tidak punya komputer bisa juga kamu backup ke “Google Drive”.

Aplikasi Terinstall

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada hp kamu tentu membuat kinerja RAM semakin berat sehingga mengakibatkan hp menjadi lemot. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya unistall aplikasi tersebut aplagi jika ukurannya sangat besar. Saat membeli hp baru biasanya sudah terinstall bermacam macam aplikasi seperti web browser, media social dan bahkan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh penguna. Jika demikian anda perlu menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut.

Data Cache

Kadang pengguna handphone sering lupa untuk menghapus cache atau riwat aplikasi sehingga mengakibatkan Hp menjadi lemot sekali. Bila data cache sudah menumpuk selain lemot hp juga mudah sekali panas dan baterai boros. Namun anda tidak harus menghapusnya satu-satu melainkan bisa menggunakan aplikasi untuk pembersih cache, salah satu contoh aplikasinya yaitu CCleaner,
AVG Cleaner dan Clean Master.

Aplikasi Latar Belakang

Saat install aplikasi secara tidak langsung hp bekerja lebih keras karena adanya aplikasi baru yang langsung dijalankan. Meskipun kita tidak menggunakannya aplikasi tersebut berjalan otomatis sehingga kita perlu menonaktifkan proses aplikasi latar belakang. Salah satu contohnya yaitu aplikasi “Shareit” yang biasanya mengirim berbagai macam berita via notifikasi padahal kita tidak lagi buka share it. Nah anda bisa mematikan fitur aplikasi berjalan otomatis agar hp terhindar dari lemot ketika dipakai.

Maps atau GPS Aktif

Jika Hp kita lemot bisa jadi dikarenakan aplikasi GPS sedang anda aktifkan lalu lupa mematikannya. Fitur GPS ini sangat berat karena mengakses lokasi anda saat ini secara terus menerus, jika memang tidak dibutuhkan sebaiknya nonaktifkan saja. Selain GPS anda perlu mematikan juga fitur “Lokasi” cara silahkan buka menu (Setelan -> Privasi -> Lokasi -> Matikan Akses lokasi).

Terkena Virus

Jika hp anda terkena virus maka kemungkinan besar akan mengakibatkan ponsel menjadi sengat lemot dan sering mati dengan sendirinya. Virus biasanya menyerang hp kita ketika download file berbahaya, maka dari itu anda harus berhati hati dalam mendownload sesuatu karena bisa jadi data tersebut adalah sumber virus. Untuk mengatasi hal ini anda perlu menggunakan aplikasi anti virus yang sudah banyak di PlayStore.

Matikan Fitur Auto Update

Salah satu penyebab hp lemot dan boros kuota internet biasanya karena adanya aplikasi yang terupdate otomatis. Untuk mengatasi hal ini anda perlu setting di PlayStore lalu menuju ke (“Setelan” -> “Update aplikasi secara otomatis” -> “Jangan update aplikasi secara otomatis”. Dengan demikian aplikasi anda yang ada diunduh melalui playstore tidak akan update otomatis. Jika aplikasi bawaan dari hp bisa disetting juga pada menu setelan ponsel.

LihatTutupKomentar